Intel Coffee Lake 8th-gen Processors

Intel akhirnya menunjukkan tangannya di dalam perang CPU 2017, mengungkapkan prosesor yang akan menghidupkan laptop yang akan dijual sebelum Natal tahun ini. Kami masih belum memiliki rincian yang pasti mengenai chip desktop 'Coffee Lake' yang diharapkan, namun bagian ini akan berisi semua hal yang Intel telah nyatakan secara resmi bersamaan dengan beberapa rumor ekstra juicy tentang apa yang akan terjadi.

Informasi pertama Intel tentang chip generasi ke 8 yang baru akan menjadi musik bagi telinga orang-orang yang ingin membeli laptop sebelum dimulainya tahun 2018. Dari Danau Kaby generasi ke 7 sampai 8th gen 'Kaby Lake' (Anda membaca Benar, kami akan jelaskan nanti, kami berjanji), Intel mengklaim "satu kali dalam satu dekade" peningkatan kinerja generasi generasi ke generasi 40%.

Bila Anda melihat figurnya, mudah untuk melihat mengapa. Empat chip pertama yang terungkap berasal dari seri U Core i chips. Prosesor ini adalah yang paling umum yang akan Anda temukan di laptop yang lebih murah, serta notebook ultra tipis dan ringan.

Terkait: CPU terbaik untuk game
Dimana setara generasi terakhir dari prosesor baru ini adalah bagian dual-core, Intel telah melipatgandakan jumlah core. Performa quad core di Ultrabook? Hasil! Yah, tidak cukup.

Ya, akan ada empat core tapi ada lebih banyak performa daripada hanya jumlah core. Ini masih prosesor berdaya rendah. Dengan kata lain, ini tidak dimaksudkan untuk menggantikan laptop quad-core yang lebih bertenaga dengan menggunakan 'CPU seri H'. Namun, yang jelas adalah laptop baru akan jauh lebih baik dalam menangani banyak tugas sekaligus (seperti banyak tab browser), dan harus membuat banyak tugas menjadi lebih mulus.

Intel mengatakan 80 laptop akan tersedia dengan chip quad-core baru sebelum akhir tahun, walaupun berapa banyak yang datang ke Inggris masih harus dilihat.

                                                     I7-8650U    i7-8550U     i5-8350U     i5-8250U
Frekuensi prosesor (GHz)             1.9-4.2         1.8-4           1.7-3.6         1.6-3.4
Inti CPU / benang                             4/8              4/8               4/8                4/8
Cache                                               8MB            8MB             6MB               6MB
Kecepatan clock grafis (MHz)       -1150          -1150           -1000            -1000

Tahap pertama dari chip baru ini akan berjalan pada versi halus dari arsitektur CPU generasi sebelumnya dari Intel, yang disebut Danau Kaby. Meskipun itu adalah teknologi dasar yang sama, ini hanya menceritakan sebagian ceritanya.

Meskipun ada lebih banyak core, kecepatan clock dasar setiap chip jauh lebih rendah daripada pendahulunya. Core i7-7600U, misalnya dimulai pada 2.8GHz, sedangkan i7-8650U baru akan berjalan serendah 1.9GHz.

Ini berarti beberapa core tidak akan berjalan sesuai potensi mereka sepanjang waktu, namun Anda tetap harus mendapatkan kombinasi bagus dari kinerja single core yang saksama dan pengalaman quad-core multi tugas. Ini berbeda dengan chip laptop quad-core Intel lainnya dari Seri-H (yang akan Anda temukan di MacBook Pro Dell XPS 15 dan 15 inci), yang berjalan pada kecepatan clock dasar yang jauh lebih tinggi.

Intel belum merinci bagaimana ini akan berhasil, dan sedikit membungkam beberapa hal yang lebih spesifik secara teknis. Matematika di sini agak menarik karena beberapa mungkin mengatakan bahwa menggandakan jumlah inti harus lurus dua kali lipat dari kinerja. Seperti yang kita jelaskan di atas, ini bukan bagaimana segala sesuatu bekerja. Tapi yang lebih menarik adalah menggandakan jumlah core pada chip baru ini sebenarnya hanya memberikan kinerja mentah ekstra 25%, dengan 15% terakhir berasal dari disain yang lebih baik dan kemampuan manufaktur yang lebih baik.

Satu catatan terakhir tentang chip baru ini: Intel telah merekayasa HD Graphics on-board GPU-nya ke UHD Graphics. Jangan bingung, bagaimanapun, karena ini benar-benar hanya sebuah merek ulang. Tidak ada perbedaan kinerja sama sekali.

Ada lebih banyak chip laptop yang masih kami tunggu-tunggu: Seri H (high-end), M-Series (mid-tier quad-core) dan Y-Series (ultra-low-power) semuanya tetap menjadi misteri, Seperti halnya rangkaian seri U lainnya, yang biasanya terdiri dari selusin chip atau lebih.

Pergeseran strategi Intel
Prosesor laptop baru yang terungkap di atas didasarkan pada desain Danau Kaby generasi terbaru dari Intel. Kami benar-benar mengharapkan Intel untuk membuang Danau Kaby sepenuhnya untuk generasi ini, karena perusahaan tersebut tidak memiliki kebiasaan untuk memperpanjang umur teknologi yang lebih tua.

Sebenarnya, 8th-gen tidak hanya mencakup Danau Kaby, tapi juga desain Danau Kopi dan Cannon Lake. Inilah salah satu kesempatan langka dimana para geeks CPU akan lebih bingung daripada konsumen rata-rata; Ingatlah bahwa konsumen biasa hampir tidak pernah melihat codenames chip yang ada di komputer yang mereka beli.

Sebagai pengingat, Kaby Lake adalah versi yang disempurnakan dari desain Skylake Intel 14nm (dikenal dengan 14nm +). Coffee Lake juga dikenal sebagai 14nm ++. Cannon Lake, adalah desain 10nm. Sederhananya, desain transistor yang lebih kecil berarti lebih banyak efisiensi daya.

Intel telah membenarkan keputusannya untuk memasukkan arsitektur Danau Kaby yang baru di generasi baru karena percaya perbedaan kinerja cukup besar bagi konsumen biasa untuk mempertimbangkannya seperti itu. Chip desktop, sementara itu, akan menggunakan arsitektur Coffee Lake yang akan datang, sementara laptop akan melihat teknologi Cannon Lake menjelang akhir tahun.

Ryzen untuk acara ini
Sebagian besar akan melihat peluncuran ini sebagai respon awal terhadap AMD Ryzen Mobile. Pesaing konsumen lengket Intel telah membuat dunia menyala dengan prosesor desktop baru yang mengesankan, dan sementara kita hanya sedikit tahu tentang usaha laptopnya, Intel yakin AMD membawa banyak core ke meja, seperti halnya dengan produk desktopnya.

Intel memiliki sejumlah besar kekuatan di pasar laptop, dan mengingat berapa banyak perusahaan laptop tampaknya telah berkomitmen pada Intel generasi ke-8, akan sangat menarik untuk melihat berapa banyak yang juga meluncurkan mesin yang diinginkan dengan prosesor AMD Ryzen.

Chip Coffee Lake Dekstop
Intel belum mengungkapkan apapun tentang prosesor desktop generasi berikutnya, yang diharapkan bisa menjadi respons lain terhadap AMD Ryzen. Leaked slide deck dan informasi benchmarking semuanya memastikan bahwa chip Core per Core akan berada di antara empat dan delapan core. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »