Benchmark AMD Ryzen Vs Intel Core

Siapa yang tidak mengenal namanya processor? apalagi yang setiap hari bergelut dengan teknologi pastilah dengan nama processor sudah tidak asing lagi, pada halaman artikel ini akan membahas topik mengenai processor secara singkat. CPU (Central Processor Unit) atau disebut Processor.

Processor adalah salah satu komponen utama dari rangkaian sebuah komputer dan jika tanpa processor maka sebuah komputer tidak akan berjalan karena processor adalah otak utama dalam komputer. Umumnya pengertian processor adalah sebuah papan IC yang yang bertugas mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak komputer dengan fungsi melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. Pada peocessor terdapat IC ( Integrated Circuit ).
IC adalah komponen elektronik aktif yang terdiri dari gabungan ratusan, ribuan, bahkan jutaan Transistor, Resistor, Dioda dan Kapasitor yang terintegrasi menjadi satu dalam papan kecil. 

Processor terletak pada papan motherboard dan pemilihan processor harus sesuai dengan socket processor yang tertanam pada motherboard karena setiap motherboard terancang dengan sebuah processor yang berbeda baik dalam type maupun spesifikasinya.

Merk prosesor yang banyak beredar dipasaran adalah Intel, AMD, Apple, Cyrix VIA, IBM, dan IDT. Salah satu yang sangat besar pengaruhnya terhadap kecepatan komputer tergantung dari jenis dan kapasitas processor.

Processor memiliki dua type pin yaitu PGA (Pin Grid array)yaitu proceesor yang memiliki pin pada ic processor . processor PGA adalah type lama . type processor yang kedua adalah LGA (Line Grid Array) yaitu letak pin berada pada socket processor pada motherboard sehingga pemasangannya pun harus berhati hati. Type processor ini adalah pengeluaran terbaru dan memiliki kecepatan transfer lebih cepat dibanding PGA

Bagi anda yang ingin membeli Processor untuk keperluan gaming, design atau editing video, disini saya membuat hasil benchmark antara Processor dari Intel maupun Processor dari AMD. Yang dimana kalian bisa memikirkan kembali bahwa Processor mana yang layak anda beli dengan dana yang anda punya. 

Semoga dari hasil benchmark dari Processor ini bisa membantu untuk membuat pilihan yang baik untuk membeli sebuah Processor dari Amd maupun Processor dari Intel dengan dana yang ada.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »